loading...

PAGE 3 7 PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN

loading...
loading...
Sudah bisa dipastikan pembelajaran dengan menghadirkan suasana kompetisi/tantangan yang positif akan membuat pembelajaran bagi siswa sebagai hal yang menyenangkan dan menantang, serta siswa akan semakin berupaya meningkatkan kemampuannya agar bisa menjadi yang terbaik di dalam kelasnya.

4. Belajar Menemukan

Belajar menemukan atau biasanya disebut pembelajaran inquiry merupakan salah satu pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Dalam belajar menemukan siswa akan diberi arahan dan petunjuk dalam mengerjakan tugas tertentu, biasanya pembelajaran menemukan bisa dilakukan secara kelompok maupun perorangan.

Sisi positif dan meyenangkan belajar menemukan bagi siswa adalah ketika mereka berhasil menyelesaikan atau mengatasi masalah dan tugas yang diberikan guru sehingga muncul rasa kepuasan tersendiri dalam diri siswa, sehingga memunculkan persepsi belajar menemukan sebagai pembelajaran yang menyenangkan dan menantang serta memancing kemampuan berpikir kritis dan konstruktif siswa. Namun Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam belajar menemukan oleh guru adalah pemberian tugas harus proporsional dan bisa diselesaikan oleh siswa.

5. Pembelajaran luar ruangan (outdoor)

Image result for out bound

Salah satu hal yang bisa membuat siswa semakin mengapresiasi pembelajaran adalah ketika mereka dihadapkan pada hal-hal baru yang tidak biasa dia jumpai sebelumnya, seperti pergi berpetualang, camping atau mencari jenis-jenis tumbuhan tertentu diluar ruangan dengan ciri-ciri dan karakteristik yang telah disampaikan oleh gurunya. Dengan melakukan kegiatan penjelajahan didaerah sekitar sekolah untuk mengerjakan tugas, siswa akan merasa lebih menikmati pembelajaran sehingga siswa memandang belajar sebagai suatu hal yang menyenangkan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PAGE 3 7 PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN"

Posting Komentar