loading...

PAGE 2 7 PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN

loading...
loading...
Namun guru yang ingin menerapkan metode kerja kelompok dalam pembelajaran agar tujuan pembelajaran bisa tercapai namun tetap menghadirkan suasana menyenangkan dalam pembelajaran sebaiknya memperhatikan beberapa hal seperti: jumlah anggota setiap kelompok, biasanya 3-4 orang dalam satu kelompok, anggota kelompok dibentuk secara heterogen misalkan anak juara kelas satu kelompok dengan anak yang juara terakhir, anak orang kaya satu kelompok dengan anak kurang mampu dll hal ini bertujuan agar mereka bisa saling mengayomi dan melengkapi tanpa melihat latar belakang mereka masing-masing. Juga bisa menumbuhkan ikatan sosial emosional sehingga ketika mereka telah dewasa selalu muncul rasa persaudaraan terhadap sesama tanpa melihat strata sosial.


2. Games (permainan)

Image result for GAMES DI KELAS

Pribadi anak yang suka bermain bisa pula dihadirkan dalam pembelajaran melalui games atau permainan yang biasa disebut dengan “belajar sambil bermain”. Jika dalam pembelajaran dihadirkan beberapa games sudah pasti pembelajaran akan sangat menyenaagkan bagi siswa. Untuk itu guru semestinya cermat dalam memilah dan memilih games pembelajaran yang bisa membuat siswa merasa sangat menikmati pembelajaran sekaligus tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Games yang bisa diterapkan oleh guru misalkan dengan menerapkan metode talking stick, role playing, dan beberapa metode pembelajaran lainnya. Namun intinya dalam pembelajaran dengan metode belajar sambil bermain guru harus bisa memanejemen kondisi kelas karena biasanya dalam penerapan metode permainan dalam pembelajaran kelas akan lebih ribut dan eporia siswa agak susah dikendalikan jadi guru harus mendesain sedemikian rupa sehingga dalam penerapan metode games, pembelajaran tetap bisa dikontrol dan tujuan pembelajaran bisa tercapai.

3. Kompetisi (tantangan)

Image result for lomba kelas

Dalam diri siswa biasanya terdapat beberapa motivasi yang mengarahkan setiap tingkah lakunya, dalam teori motivasi ada 3 jenis motivasi yakni motivasi berprestasi, motivasi berafiliasi dan motivasi berkuasa. Melalui pembelajaran yang menghadirkan suasana kompetisi misalkan lomba cerdas cermat, lomba tebak-tebakan, lomba menjawab soal akan memberi dorongan dalam diri siswa untuk menunjukan segenap kemampuannya dan termotivasi untuk saling bersaing dengan satu sama lain.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PAGE 2 7 PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN"

Posting Komentar