loading...

7 PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN BAGI SISWA

loading...
loading...
Mendesain suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa adalah tanggung jawab seorang guru, pembelajaran yang menyenangkan sangat penting dalam proses pembelajaran agar siswa dapat menikmati pembelajaran sekaligus berimplikasi pada tujuan pembelajaran yang dapat tercapai secara maksimal. Agar tujuan dan materi pembelajaran bisa dipahami siswa maka seorang guru dituntut untuk menyusun rancangan pembelajaran sesuai dengan tema pembelajaran yang akan diajarkan.

Pembelajaran yang telah dirancang diaplikasikan dalam proses belajar yang diarahkan pada pembelajaran yang menyenangkan namun tetap menjaga suasana kelas yang kondusif hal ini agar tujuan pembelajaran dan kondisi pembelajaran yang menyenangkan kedua-duanya bisa tercapai.



Hal yang perlu dihindari oleh guru adalah penggunaan model/metode pembelajaran yang monoton karena hal ini bisa menimbulkan kejenuhan dan kebosanan dalam diri siswa sehingga membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai makasimal. Contohnya adalah guru menggunakan model yang sama untuk semua mata pelajaran dan dengan tema yang berbeda, padahal itu tidaklah tepat meskipun suatu model/metode cocok untuk suatu mata pelajaran dan tema pembelajaran namun belum tentu model/metode tersebut cocok untuk mata pelajaran yang lain, jadi guru harus memiliki inisiatif dan pertimbangan tertentu dalam menerapkan model/metode dalam mengajar sehingga bisa menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan sekaligus bermakna.

Berikut sedikit ulasan 7 pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, baik pembelajaran yang menyenangkan yang bisa diterapkan di dalam kelas (indor) dan pembelajaran menyenangkan yang bisa diterapkan di luar ruangan.

7 Pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa

1. Kerja kelompok

Image result for kerja kelompok

Karakter anak-anak yang suka berkumpul dan berbagi dengan teman-temannya bisa dihadirkan dalam pembelajaran melalui metode kerja kelompok, melalui pembelajaran kerja kelompok setiap anak bisa saling berbagi dan bercengkrama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Pembelajaran kelompok juga bisa membuat anak lebih tenang dan tak terbebani dalam mengerjakan tugas karena mereka bisa berbagi dan mencari jalan keluar secara bersama-sama dalam menyelesaikan tugasnya. Dengan kerja kelompok pembelajaran akan berlangsung menyenangkan namun syarat dengan nilai edukasi seperti mengajarkan siswa tentang bagaimana bekerja sama, tanggung jawab, sikap sosial, tolong menolong.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN BAGI SISWA"

Posting Komentar