loading...

PAGE 2 9 CARA JITU MENJADI GURU YANG MENYENANGKAN

loading...
loading...
3. Menjadi Guru Teladan
Untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa seorang guru harus menjadi contoh bagi siswanya atau menjadi teladan bagi siswa, tidak hanya menjadi guru yang mengarahkan dan mengajarkan teori namun lebih dari itu guru harus tampil sebagai suri tauladan sehingga siswa bisa meniru perilaku gurunya. misalkan ketika meminta muridnya disiplin maka gurulah yang harus menunjukan perilaku disiplin terlebih dahulu, ketika guru meminta siswanya datang tepat waktu ke sekolah maka seorang gurulah harus memberi contoh kepada siswanya dengan tidak datang terlambat kesekolah. Dengan memperlihatkan perilaku yang santun dan bersahabat serta merealisasikan segala ucapannya sejatinya guru telah mengajar siswanya tentang bagaimana bersikap dan berperilaku yang baik dan benar. Karakter guru yang demikian akan mampu menyentuh hati siswanya dan membuatnya menjadi guru yang dirindukan dan menyenangkan.

4. Guru harus mampu memposisikan dirinya dalam banyak situasi
Peran guru di sekolah sangat sentral jadi tak heran jika sebagian orang mengatakan bahwa guru adalah orang tua kedua bagi siswa. Tidak hanya memposisikan diri sebagai guru, kadang dalam keadaan tertentu atau situasi tertentu seorang guru harus mampu menempatkan dirinya dalam berbagai sudut pandang, misalkan terkadang guru harus tampil sebagai orang tua bagi siswa, guru memposisikan diri sebagai sahabat bagi anak didiknya, guru menjadi pemimpin bagi anak didiknya, menjadi motivator, menjadi mediator dan menjadi katalisator bagi siswanya, dengan mampu memposisikan diri dalam berbagai situasi guru akan menjadi sahabat bagi anak didiknya, selalu menjadi solusi bagi masalah anak didiknya sehingga siswa merasa senang dengan keberadaan gurunya dan guru menjadi sosok yang menyenangkan bagi siswanya.

5. Guru Harus Inovatif dan Kreatif
Hal yang cukup sulit untuk dijaga dalam proses pembelajaran adalah semangat dan motivasi belajar siswa, apalagi ketika kondisi pembelajaran yang kurang kondusif seperti cuaca yang panas, sarana dan prasarana pendidikan yang kurang memadai. Solusi nyata yang bisa membangkitkan kembali motivasi dan semangat belajar siswa adalah kemampuan guru dalam menghadirkan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan melalui ide-ide kreatif dan inovatif sehingga siswa selalu bersemangat meskipun sarana dan prasarana sangat terbatas.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PAGE 2 9 CARA JITU MENJADI GURU YANG MENYENANGKAN"

Posting Komentar