loading...

PAGE 2 2018, Mendikbud Wajibkan Soal USBN Berbentuk Esai

loading...
loading...
UNBK SMP diikuti oleh 1.349.744 siswa. Meski demikian, dari segi persentase sekolah dan siswa UNBK jenjang SMP masih lebih rendah dari jenjang di atasnya, yakni 32 persen, karena jumlah siswa SMP/MTs jauh lebih banyak. 

Sementara itu, Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) di Yogyakarta, Wuryadi, menyebut pelaksanaan ujian dengan soal-soal esai dinilai mampu menunjukkan ekspresi dan rasionalitas siswa dalam menjawab persoalan dibandingkan pilihan berganda.

“Dalam pilihan berganda, tujuan awalnya adalah penggunaan rasionalitas. Namun di lapangan, ternyata kebanyakan anak didik lebih banyak mengandalkan jawaban berdasarkan spekulatif seperti berdasarkan kancing baju," ujarnya.

Wuryadi mengatakan untuk soal-soal esai, kelemahan terbesarnya adalah pengoreksian yang membutuhkan waktu panjang untuk menilai utuh persoalan.

Sebagai solusi, soal-soal esai yang nantinya diterapkan dalam USBN/UN diharapkan pendek agar menghasilkan respons anak didik secara langsung dan tidak membutuhkan waktu panjang dalam pengkoreksian. 
Sumber: www.viva.co.id
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PAGE 2 2018, Mendikbud Wajibkan Soal USBN Berbentuk Esai"

Posting Komentar