loading...

2018, Mendikbud Wajibkan Soal USBN Berbentuk Esai

loading...
loading...
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendi menyatakan mulai 2018 Ujian Sekolah Berstandar Nasional menerapkan soal esai 100 persen. Sedangkan untuk Ujian Nasional  hanya sebagian saja.

“Mulai 2018, soal-soal esai kami terapkan dalam USBN di seluruh Indonesia. Saat ini tim di Kemendikbud sedang melakukan persiapan menyongsong pelaksanaannya di April nanti,” kata Mendikbud usai membuka Museum Tino Sidin di Bantul,Yogyakarta Kamis 14 Desember 2017.



Sedangkan di UN, soal-soal esai akan diterapkan ke beberapa soal yang memiliki kesulitan tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk semua tingkat. Baik SMA/SMK maupun SMP. Sedangkan untuk soal-soal lainnya disampaikan dalam pilihan ganda. “Namun untuk UN, soal esai ini sifatnya hanya uji coba saja. Kita akan evaluasi nanti,” tuturnya.

Mendikbud juga menargetkan 2018 sebanyak 95 persen SMA/SMK sudah menggunakan sistem komputer. Sedangkan untuk SMP yang tahun ini hanya 40 persen dari jumlah sekolah ditargetkan meningkat hingga 80 persen. 

Dari situs Kemendikbud.go.id di 2017, satuan pendidikan yang mengikuti UNBK untuk jenjang SMP yakni sebanyak 8.879 SMP, 1.970 MTs, 198 SMP terbuka, serta 693 PKBM...

BACA HALAMAN SELANJUTNYA 2
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2018, Mendikbud Wajibkan Soal USBN Berbentuk Esai"

Posting Komentar