loading...

Tahun Ini Semua Guru Honorer Diangkat Jadi CPNS, Jusuf Kalla: Presiden Sudah Setuju

loading...
loading...
Di balik tugasnya yang berat nan mulia, guru honorer justru diketahui hanya diberi honor yang tak seberapa. Namun, tahun ini pemerintah berencana untuk mengangkat semua pahlawan tanpa tanda jasa ini menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Dilansir dari laman jawapos.com, hal itu disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ketkia berceramah di hadapan peserta rembuk nasional pendidikan dan kebudayaan (RNPK) 2018 di Sawangan, Depok, Jawa Barat, Rabu (7/2/2018).

“Saya sudah bicara dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara daN Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) tentang kekurangan guru ini. Tahun ini, guru honorer akan diangkat jadi CPNS,” papar JK.

Selain itu, JK juga memastikan bahwa Presiden Joko Widodo sudah memberikan restu untuk segera melakukan kepada para guru honorer menjadi CPNS.

“Presiden sudah setuju mengangkat guru honorer menjadi CPNS. Ini agar tidak ada lagi guru yang gajinya Rp 400 ribu. Mungkin karena gaji kecil ini makanya tidak dihargai murid, seperti kasus di Sampang, Madura,” kata JK.

Di dalam ceramahnya, JK juga kembali mengutarakan rasa prihatinnya atas peristiwa nahas yang menimpa almarhum Achmad Budi Cahyono, seorang guru honorer di SMA 1 Tojun, Sampang, Madura, yang meninggal setelah dianiaya oleh muridnya sendiri.

JK mengungkapkan bahwa sosok almarhum Guru Budi tersebut merupakan pejuang yang mencerdaskan bangsa.

“Di daerah saya, mencela guru saja tidak boleh apalagi sampai menyebabkan gurunya meninggal,” katanya.

Masih dilansir dari jawapos.com, di dalam acara RNPK hari kedua itu, Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rosyidi sempat mengungkapkan bahwa sat ini tengah terjadi kekurangan guru PNS. Jummlahnya mencapi 988 ribu orang.

Kekurangan tersebut lantas diisi oleh guru honorer yang gajinya sangat rendah, yaitu sekira Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu per bulan. Padahal honorer ini melaksanakan tugas guru PNS.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahun Ini Semua Guru Honorer Diangkat Jadi CPNS, Jusuf Kalla: Presiden Sudah Setuju"

Posting Komentar