loading...

18 CARA TERBAIK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANDA

loading...
loading...
Motivasi belajar memiliki peranan  yang cukup urgent dalam pembelajaran, untuk memaksimalkan tercapainya tujuan pembelajaran maka seorang guru harus mampu menumbuhkan motivasi belajar siswanya agar selalu dalam aktif dalam proses belajar. Salah satu cara menumbuhkan motivasi belajar pada siswa adalah seorang guru harus mampu menghadirkan suasana belajar yang menarik dan membangkitkan semangat belajar siswa.

Sebenarnya ada banyak metode yang bisa digunakan dalam menumbuhkan motivasi belajar dalam diri siswa namun beberapa metode dalam penerapnnya perlu memerhatikan kondisi siswa, kemampuan siswa, sarana pendukung agar metode yang digunakan dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa bisa maksimal. 



Namun sebelum kita mengkaji tentang cara menumbuhkan motivasi belajar pada anak didik, terlebih dahulu kita harus memahami apa penyebab kurangnya motivasi belajar pada anak didik. berikut beberapa faktor yang biasanya menyebabkan kurangnya motivasi belajar pada siswa.

Bagaimana cara agar motivasi belajar siswa dapat tumbuh? berikut:

18 Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa 
"Adapun usaha meningkatkan motivasi belajar siswa yang dilakukan oleh guru antara lain"

1. Gunakan metode dan kegiatan yang beragam
Melakukan hal yang sama secara terus menerus bisa menimbulkan kebosanan dan menurunkan semangat belajar. Siswa yang bosan cenderung akan mengganggu proses belajar. Variasi akan membuat siswa tetap konsentrasi dan termotivasi. Sesekali mencoba sesuatu yang berbeda dengan menggunakan metode belajar yang bervariasi di dalam kelas. Cobalah untuk membuat pembagian peran, debat, transfer pengetahuan secara singkat, diskusi, simulasi, studi kasus, presentasi dengan audio-visual dan kerja kelompok kecil

Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa


2 Jadikan siswa peserta aktif
Pada usia muda sebaiknya diisi dengan melakukan kegiatan, berkreasi, menulis, berpetualang, mendesain, menciptakan sesuatu dan menyelesaikan suatu masalah. Jangan jadikan siswa peserta pasif di kelas karena dapat menurunkan minat dan mengurangi rasa keingintahuannya. Gunakanlah metode belajar yang aktif dengan memberikan siswa tugas berupa simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dalam belajar. Jangan berikan berikan jawaban apabila tugas tersebut dirasa sanggup dilakukan oleh siswa 
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "18 CARA TERBAIK UNTUK MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANDA"

Posting Komentar